Rabu, 05 Mei 2010

Dracunculus Vulgaris



Merupakan salah satu tanaman unik di dunia, Bunga yang biasanya tampil dengan aroma harum, kali ini sebaliknya. Baunya seperti daging yang busuk terendam di air, dengan bagian tengah bunga yang berwarna hitam keunguan, yang dikelilingi oleh kelopak berwarna kemerahan.


Tanaman ini berasal dari daerah Balkan, memanjang sejauh Yunani, Kreta dan Kepulauan Aegean, dan juga ke bagian barat Anatolia, Di Yunani, tanaman ini disebut Drakondia, spadex panjang yang sedang dilihat sebagai persembunyian naga kecil di seludang perbungaan . Telah diperkenalkan ke Amerika Serikat dan saat ini hadir di negara bagian Oregon, California dan Tennessee serta persemakmuran Puerto Rico.

Spesies ini dicirikan oleh seludang perbungaan gagang ungu besar dan memiliki bau yang sangat tidak menyenangkan mengingatkan bangkai. Itu karena polinator dari aroid ini adalah lalat (Lucilia dan lain-lain).

5 komentar:

  1. bentuk tanaman nya angker/mistis bro...tapi keren juga buat tanaman hias...tapi gimana cara mengatasi bau nya bro?....thanx atas penjelasannya...
    (thomas wahyu)

    BalasHapus
  2. hehehe.... serem juga bentuknya...

    (kunjungan balasan) bwt bung thomas please visit my blog (inisial BS)

    BalasHapus
  3. Yayaya..bagi para pecinta bunga ada kabar bagus.
    Asosiasi Bunga Indonesia telah meluncurkan websitenya pada tanggal 21 Februari...website ini berisi informasi tentang dunia bunga..
    check it out di www.asbindo.org

    BalasHapus
  4. Menarik banget artikelnya. bunga merupakan salah satu wujud keindahan alam Indonesia

    BalasHapus
  5. Bisa hidup di daratan rendah gak? Menarik nih untuk dikoleksi

    BalasHapus